Jumat, 06 Januari 2012

hadits tentang mencari ilmu

Hadits Tentang Menuntut Ilmu

ﷲ     “ Niscaya Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan     orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat ”.      (QS. Al mujadalah 11).
ﷲ    “ Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah) ”.
(HR. Ibnu Majah).
ﷲ     “ Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syurga ”. (HR. Muslim).
ﷲ    “ Barangsiapa melalui suatu jalan untuk mencari suatu pengetahuan (agama), Allah akan memudahkan baginya jalan menuju syurga”.(HR.Bukhari).
ﷲ    “ Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali ”. (Shahih Tirmidzi).
ﷲ    “ Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu ”. (HR. Ath-Thabrani).
ﷲ    “ Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Qur’an dan yang mengajarkannya”.  (HR. Bukhari ).
ﷲ    “ Kelebihan seorang alim (ilmuwan) terhadap seorang ‘abid (ahli ibadah) ibarat bulan purnama terhadap seluruh bintang ”. (HR. Abu Dawud ).
ﷲ    “ Siapa yang Allah kehendaki menjadi baik maka Allah akan memberikannya pemahaman terhadap Agama ”. (Shahih Ibnu Majah).
ﷲ    “ Duduk bersama para ulama adalah ibadah ”. (HR. Ad-Dailami).
ﷲ    “ Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan aka dilipat gandakan sepuluh, saya tidak mengatakan ,”Alif,lam,mim” satu huruf , tetapi alif satu huruf , lam satu huruf , dan mim satu huruf ”.(HR Bukhari).
ﷲ    “ Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu dirahasiakannya maka dia akan datang pada hari kiamat dengan kendali (di mulutnya) dari api neraka ”. (HR. Abu Dawud).
ﷲ    “ Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat ”. (HR. Al-Baihaqi).
ﷲ    “ Apabila kamu melihat seorang ulama bergaul erat dengan penguasa maka ketahuilah bahwa dia adalah pencuri ”. (HR. Ad-Dailami).
ﷲ    “ Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta ”. (HR. Abu Na’im).
ﷲ     “ Tuntutlah ilmu walau ke negeri Cina”. (HR. Al-Baihaqi).

1 komentar:

el falah mengatakan...

hari yang cerah....smoga dapt ilmu banyak hari nie....


AMIN...

Poskan Komentar