Jumat, 13 April 2012

Hukum wanita berjilbab dan ancaman bagi yang tidak berjilbab


HUKUM WANITA BERJILBAB, ANCAMAN BAGI YANG TIDAK BERJILBAB, MAKNA JILBAB SERTA DALIL PAKAIAN SYAR’I YANG SELAYAKNYA BAGI TIAP-TIAP MUSLIMAH

Allah berfirman:
“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min:”Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).

MAKNA JILBAB
1.       Kerudung besar yang menutupi semua anggota badan, sebagaimana penjelasan Imam Al- Qurthubi 
2.       Pakaian yang menutupi semua anggota badan wanita, sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu Mas’ud, Ubaidah, Qotadah, Hasan Basri, Said bin Jubair, Ibrahim An-Nakhoi dan Atho’ al­Khurasani. 
3.       Selimut yang menutupi wajah wanita dan semua anggota badannya tatkala akan keluar, sebagaimana yang dituturkan Ibnu Sirin. 
4.       Pakaian yang menutup dari atas kepala sampai ke bawah, sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu Abbas.
5.       Selendang besar yang menutupi kerudung. Sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu Mas’ud dan para tabi’in.
6.       Pakaian sejenis kerudung besar yang menutupi semua badan, sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu Abbas dan Ibnu Mas’ud.

Dari keterangan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa jilbab bukanlah kerudung yang digantungkan di leher, bukan pula kerudung tipis yang kelihatan rambutnya atau kerudung yang hanya menutup sebagian rambut belakangnya.




- ۩ -
HUKUM BERJILBAB
Para ulama bersepakat bahwa jilbab hukumnya adalah wajib berdasarkan Al-Quran dan Hadits.
A.     Berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur’an:
1. Surat A1-Ahzab: 59.
“Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.”
2. Surat A1-Ahzab: 33.
Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.”
3. Surat An-Nur: 31
Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya.

B.     Adapun dalil-dalil dari Al Hadits:
1. Hadits yang mengancam wanita tidak masuk surga karena tidak berjilbab. Rasulullah bersabda: ”Ada dua kelompok termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihatnya: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengan cambuknya, dan wanita yang kasiyat (berpakain tapi telanjang baik karena tipis, atau pendek yang tidak menutup semua auratnya), Mailat mumilat (bergaya ketika berjalan, ingin diperhatikan orang) kepala mereka seperti punuk onta yang berpunuk dua. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya padahal bau surga itu akan didapati dari sekian dan sekian (perjalanan 500 th)”. (HR. Muslim 3971, Ahmad 8311 dan Imam Malik 1421).

2. Wanita adalah aurat, dia wajib berjilbab. Rasulullah SAW bersabda:
Wanita itu adalah aurat, apabila dia keluar akan dibuat indah oleh syetan.”(Shahih. HR Tirmidzi 1093, Ibnu Hibban dan At-Thabrani dalam kitab Mu’jmu1 Kabir.Lihat A1-Irwa’: 273).

3.Ummu Salamah berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana wanita berbuat dengan pakaiannya yang menjulur ke bawah? Beliau bersabda: Hendaklah mereka memanjangkan satu jengkäl, lalu ia bertanya lagi: Bagaimana bila masih terbuka kakinya? Beliau menjawab: “Hendaknya menambah satu hasta, dan tidak boleh lebih”. (HR. Tirmidzi 653 dan berkata:“Hadits hasan shahih”).
- ۩ -
4. Kisah wanita yang akan berangkat menunaikan shalat ‘ied, ia tidak memiliki jilbab, maka diperintah oleh Rasulullah SAW: “Hendaknya Saudarinya meminjaminya Jilbab untuknya “. (HR. Bukhari No. 318).

Perintah ini menyerui kamu wahai ukhti, sebelum ALLAH SWT yang meneguri kamu dengan ahzabnya. Mashya ALLAH. ketahuilah olehmu Firman ALLAH SWT dalam surah Al-Ahzab : 59 diatas yang berbunyi:
Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal,”
Maksudnya :
Niscaya demikianlah yang membedakan kamu dengan wanita kafir, jika kamu berkumpul ditengah keramaian tampaklah orang -orang diantara kamu yang berjilbab menurut syari’at islam. sedang bagi tiada berjilbab  niscaya kamulah yang menjadikan dirimu sama dengan wanita-wanita kafir itu.




0 komentar:

Poskan Komentar